Ajak Pemuda untuk Aktif, Pemdes Sungai Terus Adakan Pelatihan Website dan Jurnalis Desa | Kubu Raya Satu -->

Ajak Pemuda untuk Aktif, Pemdes Sungai Terus Adakan Pelatihan Website dan Jurnalis Desa

Rabu, 18 Desember 2019, 16.42
Foto: Peserta pelatihan website dan jurnalis desa yang diselenggarakan oleh pemdes Sungai Terus Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya.
PONTIANAK SATU - Pemerintah Desa (Pemdes) Sungai Terus Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya menggelar pelatihan website dan kepenulisan yang menghadirkan pemateri dari pandu desa Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) BP2DK. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Kantor Desa Sungai Terus, Selasa (17/12/2019).

Pada kesempatan tersebut, Samito selaku Kasi KAUR Desa Sungai Terus menyampaikan permohonan maaf, karena pada kegiatan tersebut PJ Desa Sungai Terus tidak bisa hadir, akan tetapi Pemdes Terus tetap selalu mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut.

“Mudah-mudahan dengan danya pelatihan ini bisa berguna bagi kemajuan Desa Sungai Terus. Silahkan ikuti dengan baik oleh para peserta pelatihan website desa,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama pendamping Desa Kecamatan Kubu Efendi menyampaikan, perlu dipahami bersama bahwa di Kecamatan Kubu mempunyai 20 desa dan memiliki 3 Sumber Daya Manusia (SDM) pendamping desa.

Dilihat dari kondisi yang ada di Desa Sungai Terus sangat memprihatinkan, bahwa masih belum adanya website desa untuk update berbagai kegiatan yang ada di Desa Sungai Terus.

"Dengan adanya sistem pendampingan yang dilakukan ini, kami berharap ada sebuah perubahan mulai dari cara berpikir, tingkat kepedulian untuk kemajuan desa yang bisa meningkatakn SDM dan SDA,” harapnya.

Menurutnya, fungsi website desa sangat berpengaruh dalam pembangunan untuk mempublikasikan berbagai kegiatan yang ada di desa, baik berupa potensi desa dan banyak kegiatan lainnya bisa di update ke publik.

"Terutama melalui sosial saat ini yang sangat berkembang pesat. Kemudian, pandu desa Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA) dari BP2D, Maryadi menyampaikan bahwa pentingnya Sistem Informasi Desa melalui website," imbuhnya.

Banyak sekali lanjut Efendi program yang ada di pemerintah pusat yang tidak terjamah, sedangkan jika tidak mempunyai wibsite dan sulit untuk menjangkau semua desa. Sebagaimana hadirnya kecanggihan teknologi adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia yang sering digunakan untuk menyalurkan informasi dan komunikasi.

"Ketika diupdate melalui website, maka akan lebih mudah untuk dijangkau oleh pemerintahan pusat maupun semua stakeholder lebih luas tepatnya dalam dunia teknologi," ujarnya.

Selain itu, maryadi juga menyampaikan bahwa pentingnya peran pemuda agar selalu aktif ikut andil untuk pembangunan desa.

"Jika pemudanya tidak mau aktif, maka sulit untuk membawa perubahan menuju pembangunan dan kemajuan desa. Dalam hal ini peran pemuda sangat penting untuk kemajuan desa," pungkasnya. (M Rokib)

TerPopuler