BRG: Cegah Karhutla Sejak Dini, DPG Patroli | Kubu Raya Satu

BRG: Cegah Karhutla Sejak Dini, DPG Patroli

Minggu, 23 Februari 2020, 23.56
Image/Temi Wijaya bersama Babinkabtibmas dan Masyarakat Peduli Api, Minggu (23/02/2020).

KALBAR SATU - Fasilitator Desa (Fasdes) Desa Peduli Gambut (DPG) bersama Babinkabtibmas dan Masyarakat Peduli Api (MPA) gelar patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Sarang Burung Danau, Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas, Minggu (23/02/2020).
Fasdes Desa Sarang Burung Danau, Temi Wijaya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan sejak dini Karhutla.

"Patroli gabungan adalah bagian dari memonitor kondisi infrastruktur pembasahan gambut (IPG) yang di bangun BRG pada 2019 lalu," katanya.

Temi juga menyampaikan bahwa IPG yang berbentuk sekat kanal berfungsi menjaga tinggi muka air tanah hingga 40cm dari permukaan.

"Laju air aliran sungai tertahan oleh sekat kanal. Kanal dipasang agar air tidak semuanya mengalir ke sungai utama atau laut, sehingga gambut tidak kering dan terbakar ketika musim kemarau," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa sebagai upaya pencegahan Karhutla sejak dini, petugas patroli memasang baleho yang berisi selamatkan hutan dan lahan gambut dari kebaran.

"Baleho ini dipasang sebagai media sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pembakaran hutan dan lahan," tutupnya.

TerPopuler