PDI Perjuangan Kalbar Gelar Penghijauan di Kampus UNU | Kubu Raya Satu -->

PDI Perjuangan Kalbar Gelar Penghijauan di Kampus UNU

Sabtu, 01 Februari 2020, 17.35
Foto: Lasarus, Maria Lestari, Sujiwo, Rektor UNU dan Kader PDIP Perjuangan Lainnya Saat Tanam Pohon Di UNU Kalbar.


KUBU RAYA SATU - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Barat menggelar penanaman pohon di halaman Kampus Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar, Sabtu (1/2/2020) pagi. Gerakan penghijauan ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke-47 PDI Perjuangan sekaligus sebagai kado ulang tahun untuk Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Tak hanya dilakukan oleh kader PDI Perjuangan, gerakan penghijauan juga melibatkan elemen masyarakat lain seperti organisasi mahasiswa yang tergabung di kelompok Cipayung, organisasi kepemudaan dan komunitas pencinta lingkungan. Penanaman pohon kali ini turut dirangkai dengan bakti sosial.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus membeberkan alasan dipilihnya UNU sebagai lokasi penghijauan. Selain karena ingin bersilaturahmi dengan civitas akademika Universitas Nahdlatul Ulama, dipilihnya UNU juga lantaran kondisi kampus yang belum banyak ditanami pohon.

"Ini dalam rangka HUT ke-47 PDI Perjuangan sekaligus kado ulang tahun ke-73 untuk Ibu Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Kampus UNU kita pilih karena ini merupakan daerah yang masih cukup luas tapi minim pohon," ujarnya saat diwawancarai awak media.

Pada kesempatan yang sama, Lasarus juga menyinggung soal kedekatan PDI Perjuangan dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Menurut Lasarus, hubungan baik antara PDI Perjuangan dan NU sudah terjalin sejak lama, bahkan sejak era sebelum kemerdekaan.

Kedekatan yang terjalin antar kedua organisasi tersebut, kata Lasarus, dilatarbelakangi oleh kesamaan pandangan tentang empat pilar kebangsaan. Baik PDI Perjuangan maupun NU sama-sama berpandangan bahwa NKRI sudah harga mati dan Pancasila telah final sebagai dasar negara.

"NU dengan PDI Perjuangan punya platform yang sama kalau kita melihat NKRI. NU slogannya NKRI harga mati, sama dengan kita. Kami PDI Perjuangan bersama NU terus beriringan tangan dan kita akan terus menggalang organisasi kemasyarakatan dan kelompok-kelompok lain agar sama-sama menyatukan derap langkah kita supaya bagaimana Indonesia ini kokoh dan kita bisa menjadi bangsa yang maju," tegasnya.

Lebih jauh legislator asal Kabupaten Sintang ini juga tak lupa memberi ucapan selamat harlah kepada Nahdlatul Ulama yang baru saja berulang tahun ke-94 pada 31 Januari lalu. Ia turut memuji kiprah Nahdlatul Ulama, bahkan dirinya tak segan menyebut NU sebagai organisasi keislaman yang paling konsisten dalam menjaga keutuhan NKRI.

"Menurut saya, dari seluruh organisasi keislaman di Indonesia, NU-lah yang paling konsisten menjaga keutuhan NKRI. Setiap hal-hal berat yang melanda bangsa ini NU selalu ambil posisi supaya bangsa ini tetap utuh," tandasnya. (*)

TerPopuler