12 ODP Warga Kubu Raya, Belum Ditemukan Kejala Corona | Kubu Raya Satu

12 ODP Warga Kubu Raya, Belum Ditemukan Kejala Corona

Minggu, 22 Maret 2020, 04.24
Kepala Dinkes Kubu Raya, Marijan saat di wawancara di kantornya, Sabtu (21/03/2020)
KALBAR SATU - Terkait wabah virus Covid 19 (Corona). Dikabarkan sebelumnya, ada 12 warga Kubu Raya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Marijan membenarkan itu. Dia mengatakan bahwa 12 ODP tersebut adalah warga Kubu Raya yang datang dari luar negeri, baik yang melewati udara, darat maupun laut.

"Pemantauan dialakukan selama 14 hari, tapi mereka tetap dirumah masing-masing. kita pantau bagaimana perkembangannya. Misalnya ada gak kejala-kejala yang bisa di diagnosa sementara," katanya kepada awak media di Kantor Dinkes Kubu Raya, Sabtu (21/03/2020).

Selama dalam pamantauan, lanjut dia, 12 warga Kubu Raya yang berstatus ODP itu belum ditemukan kejala corona.

"Tapi di Kabupaten Kubu Raya ini, Alhamdulillah ya, dari 12 yang kita pantau itu belum ada yang positif corona, namun kita tetap pantau perkembangannya," terangnya.

Dia juga menyebutkan bahwa sudah ada 4 petugas di Kabupaten Kubu raya yang tergabung dalam tim dilapangan melakukan pemantauan terhadap ODP tersebut.

"Di Kabupaten Kubu Raya memang sudah dibuatkan tim, karena jangan sampai nanti kalau sudah terjadi baru kita mau berbuat, dan kita selama ini banyak jemput bola ke lapangan, dengar informasi langsung turun. Itu yang kita lakukan," imbuhnya.

Dia berharap 12 harga Kubu Raya yang masih dalam status ODP itu tidak ada kejala maupun positif corona.

"Dari 12 ODP itu, sampai daat ini hanya berstatus pemantauan. Kemaren saya lihat tidak ada kejala, cuma kita instruksikan bahwa harus diisolasi selama 14 hari," tambahnya.

Selain itu, dia juga menghimbau kepada mayarakat Kubu Raya, agar tetap waspada, namun tidak boleh panik serta tetap utamakan cara hidup sehat.

"Waspa boleh, tapi jangan panik.  kemudian kedepankan cara hidup sehat, seperti cuci tangan secara terus menerus," tutupnya. (*)

TerPopuler