Bekali 12 Fasdes, Ini Kata Wawan Soal Pendekatan BRG | Kubu Raya Satu -->

Bekali 12 Fasdes, Ini Kata Wawan Soal Pendekatan BRG

Kamis, 12 Maret 2020, 04.51

Suasana Pembekalan Fasdes DPG Skema APBN 2020 di Kantor PMU Kemintraan, Jalan M Sohor, Gang Mekar Pontianak, Rabu (11/03/2020).
KUBU RAYA SATU - Badan Restorasi Gambut (BRG)-Skema APBN, lakukan pembekalan terhadap 12 Fasilitator Desa (Fasdes) Program Desa Peduli Gambut (DPG) yang akan mendampingi 12 desa di 2 (Dua) Kabupaten se-Kalbar, yakni Kabupaten Kubu Raya dan Kayong Utara.

Dinamisator Kalbar, Hermawansyah menyebutkan bahwa BRG menerapkan pendekatan 3R (rewetting, revegetasi, dan revitalisasi mata pencaharian penduduk). Ketiga pendekatan tersebut menurutnya dilakukan guna mencapai ketahanan lingkungan, sosial dan ekonomi di Kawasan Hidrologis Gambut (KHG).

"Rewetting atau pembasahan kembali gambut yang mengering akibat turunnya muka air gambut dilakukan dengan pembuatan sekat kanal, penimbunan kanal yang terbuka, dan pembangunan sumur bor," sebutnya di sela-sela kegiatan di Kantor PMU Kemintraan, Jalan M Sohor, Gang Mekar Pontianak, Rabu (11/03/2020).

Sekat kanal, Lanjut Wawan sapaan akrabnya, bertujuan untuk menaikkan daya simpan (retensi) air pada badan kanal dan sekitarnya serta mencegah penurunan permukaan air di lahan gambut sehingga lahan gambut di sekitarnya tetap basah dan sulit terbakar.

Sementara itu, penimbunan kanal dilakukan untuk meningkatkan sedimentasi dan pendangkalan badan kanal dengan tujuan agar daya kuras airnya dapat dikurangi dan muka air di badan kanal dapat dipertahankan. Sumur bor bertujuan untuk mengatasi kelangkaan sumber air permukaan yang umumnya terjadi pada musim kemarau.


Dirinya juga menjelaskan bahwa pendekatan revegetasi merupakan upaya pemulihan tutupan lahan pada ekosistem gambut melalui penanaman jenis tanaman asli pada fungsi lindung atau dengan jenis tanaman lain yang adaptif terhadap lahan basah dan memiliki nilai ekonomi pada fungsi budidaya.

"Ada beberapa cara melakukan revegetasi, seperti penanaman benih endemis dan adaptif pada lahan gambut terbuka, pengayaan penanaman pada kawasan hutan gambut, terdegradasi dan peningkatan atau penerapan teknik agen penyebar benih untuk mendorong regenerasi vegetasi gambut. Tanaman ini juga berfungsi sebagai tajuk pelindung gambut untuk meminimalkan penurunan muka air saat kemarau," paparnya.

Adapun pendekatan revitalisasi, lanjut dia,  bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada disekitar areal restorasi gambut melalui budidaya tanaman yang cocok di lahan gambut.

Kegiatan revitalisasi sumber mata pencaharian, tambah dia, dilaksanakan dengan cara mengembangkan kegiatan-kegiatan sumber mata pencaharian alternatif dan berkelanjutan yang ramah gambut baik berbasis lahan (land-based), berbasis air (water-based), dan berbasis jasa lingkungan (environmental services-based).

"Program ini dilakukan dengan identifikasi jenis-jenis tanaman yang ramah dan sesuai terhadap ekosistem gambut, pengembangan teknologi pertanian adaptif di lahan gambut menjadi prioritas dalam program ini. Seperti pertanian tanpa bakar, paludiculture, peternakan, perikanan budidaya lebah madu dan lain-lain. Program ini juga mengembangkan strategi penguatan rantai pasok kepada pasar lokal, nasional dan internasional," tuturnya.

Untuk diketahui bahwa BRG-program DPG 2020 mulai beraktivitas dan bekerja per - Maret hingga Desember 2020.

Sementara total target keseluruhan resotasi gambut 2020 sekitar, 2,6 juta hektare yang tersebar di 7 provinsi se-Indonesia (Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Papua).

Dari 2,6 juta hektare target restorasi gambut tersebut sekitar 1,7 juta hektare atau 50% lebih berada di areal perusahan.

Dari 1,7 juta hektare tersebut 1,2 juta hektare diantaranya berada di perusahaan hutan. Sedangkan 500 ribu hektare lainnya berada di perusahaan sawit.

Adapun di Kalbar areal kerja BRG ditargetkan 150 ribu hektare. Dari 150 hektare tersebut 95 ribu hektare berada di areal perusahaan sawit.

Sedangkan 55 ribu hektare lainnya adalah areal yang harus secara langsung kegiatan restorasi gambut bekerja. (Zb)

TerPopuler