Komisi V DPR RI Janjikan Tambahan Infrastruktur IPA di Perumda Air Minum Tirta Raya | Kubu Raya Satu

Komisi V DPR RI Janjikan Tambahan Infrastruktur IPA di Perumda Air Minum Tirta Raya

Kamis, 05 Maret 2020, 20.01
Komisi V DPR RI saat tinjau di PDAM Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya, Jalan Adi Sucipto Sungai Raya, Kamis (05/03/2020)
KUBU RAYA SATU - Perumda Air Minum Tirta Raya Kabupaten Kubu Raya bakal mendapat tambahan infrastruktur di salah satu Instalasi Pengolahan Air (IPA) miliknya.

IPA yang bakal mendapat tambahan infrastruktur tersebut ialah IPA yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Sungai Raya.

Rencana penambahan infrastruktur IPA milik Perumda Tirta Raya itu disampaikan oleh Ketua Komisi V DPR RI Lasarus.

Pernyataan soal penambahan infrastruktur tersebut diutarakannya seusai mengunjungi IPA di Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Sungai Raya.

"Tadi kita lihat fasilitas yang ada, IPA ini dibangun tahun 1990 dan tahun 1997 di IPA yang lainnya. Cukup tua sudah, makanya tadi kita minta tanah yang di samping IPA ini dibebaskan, karena ini juga sudah penuh, mau bangun lagi pun susah. Bebaskan ini tanah, tadi dari Balai (Wilayah Sungai Kalimantan I) minta 50x100 meter persegi. Kalau tanahnya sudah dibebaskan, sudah saya sampaikan ke Pak Bupati (Kubu Raya) tadi, saya jamin ini akan segera kita bikin jadi 200 liter per detik," ujar Lasarus yang disambut dengan aplaus oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di IPA milik Perumda Air Minum Tirta Raya, Jl. Adi Sucipto Sungai Raya, Kamis (5/3/2020).

Lasarus memastikan, penambahan IPA ini akan dianggarkan pada tahun anggaran 2021 mendatang.

Namun demikian, sebelum rencana itu direalisasikan, Lasarus meminta Bupati Kubu Raya untuk membebaskan lahan di samping IPA lama dengan luas minimal 50x100 meter, sebagaimana ukuran minimal yang disyaratkan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

"Nah, mudah-mudahan dengan penambahan IPA ini nantinya semakin banyak masyarakat Kubu Raya yang terlayani air bersihnya," kata legislator dari fraksi PDI Perjuangan tersebut.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Raya Mula Putra mengaku bersyukur atas rencana penambahan infrastruktur IPA.

Dengan adanya penambahan ini, IPA yang tadinya hanya sanggup memproduksi air sebanyak 180 liter per detik akan bertambah menjadi 200 liter per detik.

Seiring dengan penambahan IPA di Sungai Raya, Mula Putra juga berharap ke depannya juga ada penambahan di dua unit IPA lainnya yang berlokasi di Desa Kuala Dua dan Desa Kapur.

Mula menilai, kedua unit IPA tersebut juga perlu penambahan mengingat semakin meningkatnya permintaan sambungan air baru oleh para calon pelanggan.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menyatakan bahwa unit IPA di Sungai Raya ini memang sangat perlu mendapat perhatian mengingat jumlah pelanggannya yang sudah melampaui batas maksimal.

Dengan produksi air sebanyak 180 liter per detik, kata Muda, IPA Sungai Raya sebenarnya hanya mampu mengalirkan air bersih kepada 12.600 pelanggan.

Namun, karena banyaknya permintaan sambungan, IPA Sungai Raya akhirnya dipaksakan untuk melayani sebanyak 16.000 pelanggan.

Kondisi tersebut dikatakan Muda sangat mempengaruhi distribusi dan kualitas air yang dialirkan kepada pelanggan.

"Mesinnya juga rentan kalau dipaksakan, makanya kita bersyukur sekali dengan penambahan IPA ini," tuturnya.

Seiring dengan penambahan IPA, Bupati Kubu Raya ini berharap semakin banyak masyarakat Kubu Raya yang mendapat pasokan air bersih.

Dari total 22 persen masyarakat yang saat ini terlayani air bersihnya, dengan adanya penambahan IPA, Muda menargetkan peningkatan sebesar 18 persen menjadi 40 persen.

TerPopuler