PDI Perjuangan Koalisi Dengan PAN Di Empat Daera | Kubu Raya Satu

PDI Perjuangan Koalisi Dengan PAN Di Empat Daera

Jumat, 06 Maret 2020, 10.17

Lasarus, ketua DPD PDIP Kalbar (istimewa)
KALBAR SATU- Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan telah mengumumkan nama-nama yang direkomendasikan untuk maju sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah pada Pilkada serentak 2020.

Dari 270 daerah yang melaksanakan Pilkada, PDI Perjuangan baru mengumumkan 48 paslon dalam pengumuman gelombang pertama yang dibacakan oleh Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto pada 19 Februari lalu.

Dari 48 paslon tersebut, hanya satu pasangan calon bupati dan wakil bupati dari Provinsi Kalbar yang ikut diumumkan. Paslon itu ialah Rupinus dan Aloysius yang dipercaya maju kembali pada Pilkada Kabupaten Sekadau.

Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Lasarus menyatakan, nama-nama paslon bupati dan wakil bupati di enam daerah lain yang melaksanakan Pilkada di Kalbar juga akan segera diumumkan oleh DPP PDI Perjuangan.

Dirinya memastikan, pasangan calon kepala daerah di enam daerah itu akan diumumkan sebelum bulan April 2020.

"Tanggal 13 (Maret) ini kita keluarkan rekomendasi untuk Ketapang. Yang lain-lain keluarnya Maret ini karena pengumuman nama-nama dari DPP itu masih ada dua tahap, ya. Di tanggal 13 Maret dan nanti akhir Maret. Tunggu saja," ujar Lasarus Jumat (6/3/2020) disela-sela kunjungan kerjanya di Kalbar.

Lasarus menjelaskan bahwa PDI Perjuangan kemungkinan besar akan berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) di empat daerah. Keempat daerah tersebut, yakni Sintang, Kapuas Hulu, Ketapang dan Bengkayang.

Adapun di tiga kabupaten lainnya yang juga melaksanakan Pilkada, yakni Sambas, Sekadau dan Melawi, Lasarus menyebut masih dalam proses penjajakan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi V DPR RI ini kembali menegaskan bahwa partainya sangat terbuka untuk berkoalisi dengan seluruh partai politik.

Kendati hampir memastikan berkoalisi dengan PAN di empat daerah, Lasarus mengatakan bahwa PDI Perjuangan masih membuka pintu koalisi bagi parpol lain yang hendak bergabung.

"Kelihatannya Sintang, ya. Kemudian Ketapang, Kapuas Hulu juga kemungkinan iya. Bisa jadi juga di Bengkayang. Ya, masih kita jajakilah. Finalnya nanti tetap akhir Maret," tutupnya. (NAJ)

TerPopuler