Wabup Kubu Raya, Riders Harus Punya Manfaat bagi Masyarakat | Kubu Raya Satu

Wabup Kubu Raya, Riders Harus Punya Manfaat bagi Masyarakat

Sabtu, 07 Maret 2020, 17.58
Foto bersama Wakil Bupati, Sujiwo (tengah) bersama peserta ajang balap motor Fun Enduro Kubu Raya Trail Club, Sabtu (07/03/2020).
KALBAR SATU - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo melepas peserta ajang balap motor Fun Enduro Kubu Raya Trail Club (KRTC), Sabtu (07/03/2020) pagi. Ajang yang diikuti lebih dari 400 peserta itu diadakan di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya.

Dalam sambutannya, Sujiwo mengungkapkan kebanggaannya terhadap para riders--sebutan bagi pembalap motor trail--. Kebanggaan Sujiwo didasari keaktifan para riders melakukan gerakan penghijauan dan berbagai kegiatan sosial di tengah aktivitas bermotor yang rutin mereka adakan.

Hal itu dibuktikan dengan penyaluran bantuan kepada sejumlah pihak dan penanaman pohon yang mereka lakukan sebelum pelaksanaan Fun Enduro KRTC.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya pertama-tama menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini. Yang membuat saya bangga adalah para riders ini rupanya memiliki sensitivitas terhadap lingkungan. Mereka bersahabat dengan alam dan mencintai lingkungannya yang dibuktikan dengan penanaman pohon di beberapa tempat, termasuk di tempat ini," ujar Sujiwo.

"Tidak hanya itu, mereka (riders) juga memiliki sensitivitas sosial karena juga membagikan sembako, pengecatan dan penyaluran bantuan kepada rumah-rumah ibadah. Rupanya kegiatan sosial semacam itu sudah sering diadakan, namun tidak terlalu di-publish ke publik," lanjutnya.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat ini lalu memberikan pandangannya terhadap riders. Menurut Sujiwo, keberadaan riders saat ini masih menuai pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat.

Mereka yang pro, kata Sujiwo, menilai riders dari sisi positif dengan gerakan penghijauan, kegiatan sosial dan kampanye keselamatan berkendara yang sering mereka galakkan.

Sementara yang kontra, menganggap riders kerap mengganggu ketertiban lalu lintas, mempercepat kerusakan jalan, dan acap menimbulkan polusi suara dan udara.

Sujiwo berpendapat, sisi negatif yang melekat pada riders harus dibarengi dengan memperbanyak kegiatan sosial yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Dengan demikian, dirinya meyakini sisi negatif tersebut secara bertahap akan hilang dengan sendirinya.

"Ajang seperti ini mudah-mudahan dapat menjadi wadah bagi riders bagi remaja dan milenial untuk menyalurkan hobu nge-trail-nya. Galang terus kebersamaan dan tunjukkan bahwa kalian punya manfaat untuk masyarakat," tuturnya.

Sebelum melepas para peserta, orang nomor dua di Kubu Raya itu turut berpesan agar para riders tetap memenuhi standar keamanan dan keselamatan berkendara.

Sebagai tambahan motivasi kepada riders, Sujiwo juga memberikan lima buah sepeda gunung sebagai hadiah lawang (doorprize) kepada mereka yang beruntung.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, peserta Fun Enduro KRTC saya lepas secara resmi. Semoga peserta yang dilepas selamat sampai finish dan jangan lupa untuk tetap sopan di jalan," tutupnya.

TerPopuler