Wakil Bupati Kubu Raya Dorong Kader PKK Amalkan 10 Program Pokok | Kubu Raya Satu

Wakil Bupati Kubu Raya Dorong Kader PKK Amalkan 10 Program Pokok

Rabu, 04 Maret 2020, 13.51
Sujiwo, wakil Bupati Kubu Raya saat memberikan sambutan pada pelantikan pengurus TP PKK 16 desa di Kecamatan Sungai Raya, Rabu (4/3/2020). Foto: Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kubu Raya
KUBU RAYA SATU - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mendorong kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) untuk mengamalkan 10 program pokok PKK.

Dorongan itu disampaikan Sujiwo saat menghadiri pelantikan pengurus TP PKK 16 desa di Kecamatan Sungai Raya, Rabu (04/03/2020).

"Ada 10 program pokok PKK yang ketika itu dihayati, diamalkan, dan diejawantahkan di lapangan dan mengajak semua masyarakat itu sudah luar biasa. Peran PKK sangat penting dan strategis, karena dalam 10 program pokok itu termuat aspek kesehatan, pendidikan, gotong royong, sandang, pangan, dan aspek-aspek lain yang tak kalah penting," ucap Sujiwo di The Q Hall Convention Center Qubu Resort, Jl. Arteri Supadio Sungai Raya.

Sepuluh program pokok PKK, lanjut Sujiwo, mesti dihayati betul oleh kader PKK. Sebab jika tidak dihayati, dirinya khawatir kader-kader PKK justru malah kesulitan ketika mengajak masyarakat untuk ikut menggalakkan program-program tersebut.

Selain menghayati sepuluh program pokoknya, kader-kader PKK juga Ia dorong untuk melek terhadap teknologi dan selalu memahami perkembangan informasi.

Sebagai mitra pemerintah, PKK juga harus rutin menyampaikan progres percepatan pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Kubu Raya.

"Setelah dilantik mohon kiranya segera melakukan kerja-kerja untuk membantu para suaminya sebagai kepala desa yang tujuan akhirnya membantu proses percepatan pembangunan di Kabupaten Kubu Raya," imbuhnya.

Prosesi pelantikan pengurus TP PKK 16 desa di Kecamatan Sungai Raya dirangkai pula dengan peresmian anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) Gunung Tamang.

Kepada enam orang yang kini secara resmi mengemban amanah sebagai anggota BPD, Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat itu berpesan agar menjalin hubungan harmonis dengan pemerintah desa setempat serta saling menghargai tugas dan fungsi masing-masing.

"BPD dan pemerintahan desa (pemdes) seperti daging dan kuku yang tak bisa dipisahkan. BPD dan Pemdes jangan sampai malah tidak akur. Sebagai mitra, keduanya harus sama-sama menghargai dan menjalankan fungsi dan otoritas masing-masing," tutupnya.

TerPopuler