Cegah Korona, DPC PDI Perjuangan Kapuas Hulu Bagi-bagi Masker | Kubu Raya Satu -->

Cegah Korona, DPC PDI Perjuangan Kapuas Hulu Bagi-bagi Masker

Rabu, 01 April 2020, 19.39

Dok. DPC PDIP Kabupaten Kapuas Hulu

KUBURAYASATU.ID - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat baru saja melansir data terbaru terkait kasus korona di Kalimantan Barat. Per Selasa (31/3/2020) sore, sebanyak 9 pasien terkonfirmasi positif terinfeksi, 22 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 3.363 orang dalam pemantauan (ODP) yang tersebar di seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Barat.

Dari total 9 pasien yang positif, 5 di antaranya masih dalam perawatan, 2 pasien telah dinyatakan meninggal dunia dan 2 lainnya telah dinyatakan sembuh.

Berdasarkan data tersebut, belum satu pun pasien yang terkonfirmasi positif korona di Kabupaten Kapuas Hulu. Namun, terdapat 141 orang yang berstatus ODP dan 1 orang PDP yang telah dinyatakan negatif Covid-19.

Melihat fakta tersebut, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Kapuas Hulu melakukan aksi sosial guna mencegah penyebaran Covid-19.

Dipimpin langsung Ketua DPC Yanto, aksi sosial dilakukan dengan membagikan masker secara cuma-cuma kepada masyarakat. Aksi diadakan selama dua hari dengan menyasar sejumlah tempat yang ramai dikunjungi masyarakag

"Ada beberapa tempat yang kami sasar dalam aksi pembagian antara lain Biara Deo Soli Serikat Maria Monfortan, Asrama Sri Melati Putussibau, dan Paroki Hati Santa Perawan Maria Bernoda Putussibau. Ini kami adakan Selasa kemarin. Lalu hari ini, aksi yang sama kembali kami adakan di Pusat Perbelanjaan Warga Putussibau atau Pasar Pagi," ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Kapuas Hulu Yanto di Putussibau, Rabu (1/4/2020).

Bukan cuma membagikan masker, dalam aksi sosial tersebut jajaran DPC PDI Perjuangan Kapuas Hulu juga turut menyampaikan ajakan kepada masyarakat agar melakukan langkah-langkah pencegahan seperti rajin mencuci tangan, menerapkan pembatasan fisik, dan tidak keluar rumah tanpa alasan penting.

Masyarakat juga diimbau untuk mengenakan masker saat batuk, menghindari kerumunan, dan tidak melakukan pembelian kebutuhan pokok secara berlebihan karena dapat memengaruhi stabilitas stok pangan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu berperan aktif dalam melakukan pencegahan Covid-19 dengan rajin mencuci tangan dan tidak berjabat tangan sementara waktu. Pastikan anggota keluarga yang demam, batuk, dan pilek selalu menggunakan masker jika mereka melakukan aktivitas di luar rumah," tandasnya.

TerPopuler