Dukung Ketersediaan Darah PMI, Denhanud 473 Paskhas Gelar Donor Darah | Kubu Raya Satu -->

Dukung Ketersediaan Darah PMI, Denhanud 473 Paskhas Gelar Donor Darah

Kamis, 16 Juli 2020, 16.52
Paskhas lanud supadio pontianak 
KUBURAYASATU. ID- Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 473 Paskhas Lanud Supadio Pontianak bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pontianak menggelar donor darah, Kamis (16/7/2020). Aksi sosial yang diadakan di Shealter Oerlikon Denhanud tersebut dalam rangka mendukung ketersiadaan stok darah di UTD PMI Pontianak.

Sejumlah prajurit Denhanud tampak secara sukarela mendermakan darahnya pada aksi sosial ini. Karena diadakan di tengah pandemi Covid-19, proses donor darah dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti pengecekan suhu tubuh, menjaga jarak, dan menggunakan masker.

"Bakti sosial donor darah yang kami lakukan ini merupakan bentuk nyata dalam meningkatkan kepedulian sosial Korpaskhas TNI AU, khususnya Denhanud 473 Paskhas dalam upaya membantu ketersediaan stok di UTD PMI Cabang Kota Pontianak. Karena seperti kita ketahui, pandemj Covid-19 ini telah menurunkan animo masyarakat untuk berdonor, sehingga stok darah pun semakin menipis," Komandan Denhanud 473 Paskhas Letkol Pas Tatag Wicaksono saat dijumpai di sela-sela donor darah.

Letkol Tatag menambahkan, darah yang terkumpul pada aksi sosial hari ini akan diserahkan kepada UTD PMI Kota Pontianak. Darah tersebut, lanjut dia, nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan, termasuk bagi pasien positif korona yang memerlukan transfusi darah.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Denhanud 473 Paskhas itu berharap agar aksi sosial yang mereka adakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Lebih dari itu, dirinya juga berharap kegiatan donor darah ini dapat meningkatkan rasa peduli prajurit terhadap sesama.

"Mudah-mudahan, dengan kegiatan seperti ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama yang membutuhkan. Serta, bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah," harapnya. (*)

TerPopuler